Tuesday, April 19, 2011

Yuk, budayakan makan sambil duduk

Dewasa ini mungkin kita tak jarang menemukan orang yang kalau makan atau minum sambil berdiri. Tapi, dibalik itu saya sendiri penasaran hal demikian diperbolehkan atau tidak. Pasalnya, di sekolah saya makan sambil berdiri itu dilarang dan dianjurkan makan atau minum sambil duduk. Kenapa sih memangnya kalau makan atau minum sambil berdiri?
pertama kita lihat hadist ini:



Dari Anas dan Qatadah, Rasulullah saw bersabda: Sesungguhnya beliau melarang seseorang minum sambil berdiri, Qotadah berkata:”Bagaimana dengan makan?” beliau menjawab: “Itu kebih buruk lagi”. (HR.Muslim dan Turmidzi)
atau ini nih...
Bersabda Nabi dari Abu Hurairah,”Jangan kalian minum sambil berdiri ! Apabila kalian lupa, maka hendaknya ia muntahkan !” (HR. Muslim)

Nah, sebagai muslim yang baik tentu kita harus mengikuti tuntunan rasul kita Muhammad.










Cerita mamah katanya kalau kita jalan sambil bawa-bawa makanan, setan itu mengikuti kita, menunggu-nunggu kita untuk memakannya tanpa baca doa dulu, dia kegirangan tuh kalau melihat kita makan dengan terburu-buru.


Dari segi kesehatan juga kita lebih dianjurkan makan sambil duduk karena memudahkan kita agar pencernaan bisa lebih baik dalam mencerna makanan yang kita makan. Selain itu, kalau mau makan doa dulu, pake tangan kanan, dianjurkan dimulai dari pinggir, tidak duduk sambil bersandar, dan makan di tempat yang baik-baik, supaya berkah dan bermanfaat. Amin.


Yuk, makan sambil duduk ^^

No comments:

Post a Comment